Minggu, 03 Februari 2019

Kuis Shopee Live - Bikin Gregetan

Saya ingat-ingat pertama kali tertarik dengan Shopee itu dikarenakan ada gratis ongkirnya. Setelah nyoba sekali belanja lewat platform online shopping yang punya ciri khas warna oranye tersebut, saya jadi ketagihan. Sampai sekarang sudah ga terhitung lagi berapa kali belanja di Shopee ditambah lagi dengan cashback-cashback yang ditawarkan dan pastinya menggiurkan. Selain itu juga di aplikasi Shopee tersedia berbagai macam games-games yang seru dan bikin addicted, salah satunya adalah kuis Shopee live yang diadakan tiga kali sehari, yaitu di jam 6 sore (wita), jam 9 dan jam 10 malam.

Sudah sekitar semingguan saya ikutan main kuis ini. Tiap sesi dipandu oleh host-host Shopee yang jago cuap-cuap. Aturan mainnya sendiri cukup sederhana. Kita akan diberikan tujuh pertanyaan yang akan dimunculkan di layar hp beserta dengan empat pilihan jawaban. Masing-masing pertanyaan ada waktu hanya 10 detik yang diberikan untuk kita mikir dan memilih jawaban. Apabila kita salah menjawab, maka kita langsung terleminasi dan otomatis tidak bisa ikut menjawab pertanyaan selanjutnya. 

Terlihat mudah kan? Tapi percayalah, sulit banget untuk bisa jadi pemenang atau menjawab dengan benar semua pertanyaan yang diberikan. Karena makin menuju pertanyaan terakhir, tingkat kesulitan pertanyaan makin meningkat. Biasanya di pertanyaan keenam saya sudah tumbang, tapi kadang di pertanyaan keempat juga bisa gugur. Karena bisa aja disesi jam enam pertanyaan keempat mudah, akan tetapi disesi jam sembilan pertanyaan keempat sudah yang sulit. Jangan tanya lagi dengan pertanyaan terakhir alias pertanyaan ketujuh. Hanya keberuntungan aja yang umumnya bisa bikin kita jawab dengan benar. 

Sumber pertanyaannya sendiri berasal dari berbagai macam hal, mulai dari film, pengetahuan sosial, rumus kimia, musik, sejarah, games, K-POP, anime dan lain-lain. Berikut contoh pertanyaan-pertanyaan yang paling sulit dari kuis Shopee live menurut saya:
  1. Anggota tim Taka dalam kartun Naruto kecuali apa
  2. Hari Angkut Nasional diperingati setiap tanggal berapa
  3. Judul salah satu soundtrack film "Kimi No Na Nawa" adalah
Dan masih banyak lagi contoh pertanyaan sulit lainnya tapi saya sudah lupa. Intinya, selain harus punya pengetahuan yang luas, kita juga harus percaya dengan "feeling" kita dalam menjawab pertanyaan yang sulit. 

Meskipun awal-awal ikut kuis ini saya mikir mustahil banget bisa menang, tapi nyatanya hingga hari ini (tanggal 3 Februari) saya sudah menang empat kali :D. Setelah sering ngikutin kuis ini, saya jadi ketemu tips dan tricknya sendiri supaya bisa menang. Atau setidaknya membantu menjawab pertanyaan hingga pertanyaan keenam. Karena saya orangnya murah hati dan ga sombong (kidding ya hehe), berikut saya bagi tips dan trick untuk bisa sukses menjawab ketujuh pertanyaan.

  • Selalu perhatikan kisi-kisi yang diberikan oleh host diakhir kuis. Meskipun kadang kisi-kisi ini membantu dan kadang juga tidak tapi ga ada salahnya memperhatikan kisi-kisi yang diberikan untuk sesi selanjutnya
  • Siapkan dua device gadget atau handphone, satu untuk ikutan kuis dan satunya lagi untuk buka google
  • Kecepatan typing sangat menentukan dalam hal mencari jawaban di google mengingat waktu yang dikasih untuk menjawab sangat singkat. Kadang karena panik juga, kita fokus ngetik dan akhirnya kelewat ga sempat pilih jawabannya dan akhirnya jadi tereliminasi
  • Last but not least, percayalah sama feeling kita sendiri. Karena untuk menjawab pertanyaan ketujuh, jawabannya memang seperti disengaja tidak bisa dicari di google sehingga kita hanya bisa mengandalkan feeling dan keberuntungan saja. Contohnya: Pertandingan Australia Open terlama yang berdurasi 5 jam 53 menit terjadi ditahun berapa. Nah ga mungkin banget kita bisa ngetik itu semua di google dalam waktu kurang dari 10 detik. So, believe in what your gut say itu cukup penting untuk bisa menjawab pertanyaan yang sulit.
Hadiahnya sendiri bisa dibilang ga banyak. Karena tiap sesi total uang yang dibagikan rata untuk para pemenang hanya 10 juta. Jadi misalnya diakhir pertanyaan yang bisa menjawab dengan benar adalah 500 orang, jadi 10 juta dibagi 500 sehingga per orang dapat 20000 dalam bentuk koin shopee yang hanya bisa digunakan di aplikasi Shopee. Tapi bagi saya pribadi, bukan hadiahnya yang bikin saya pengen menang, melainkan untuk memuaskan rasa penasaran aja. Karena kalau kalah dan harus terleminasi di tengah-tengah permainan dan ga bisa ikut jawab pertanyaan lagi rasanya itu bikin gregetan banget hehe. Oya pernah juga sih ada satu sesi kuis yang jadi pemenang cuma 14 orang, jadi per orang nya mendapatkan sekitar 700000 koin yang bisa dibelanjakan di Shopee. Lumayan banget kan.. Umumnya tiap sesi ada sekitar 20ribuan orang yang ikutan main. So, buat kamu para pengguna Shopee yang belum pernah main, tunggu apa lagi? Yuk, segera ikutan kuisnya biar bisa ngerasain gregetan juga sama kaya saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar