Senin, 30 November 2015

Finally It's Spoken :)

Sebagai seorang cewek yang masih single alias belum "merit", saya punya beberapa pengalaman tentang petualangan cinta. Ada pengalaman pacaran, pengalaman friendzone, pengalaman hubungan tanpa status dan lain-lain. Buat saya pengalaman-pengalaman tersebut adalah petualangan, dan dalam melaluinya ga jarang saya mengalami rintangan dan pahitnya kegagalan. Padahal saya bukan tipe cewek yang memulai duluan. Maksudnya, dalam menjalin hubungan dengan lawan jenis, saya termasuk tipe "old fashion" yang selalu menganggap cowok lah yang harus melakukan first move. Anehnya nih, fenomena yang sering saya alami sama mereka adalah mereka yang mulai, dan mereka juga yang mengakhiri. Nyebelin ga tuh?

Satu contoh yang sampai sekarang masih membekas dan belum bisa saya lupain adalah pengalaman di friendzone-in sama cowok. Sebut aja K. Suatu hari si K minta dikenalin sama saya melalui temennya. Singkat cerita hubungan kita berlanjut dari telponan/smsan ke yang mulai ngedate tiap ada waktu luang. Biasanya acara ngedate diisi dengan nonton atau sekedar dinner. Sebagai orang yang umurnya udah dewasa, pasti bakal mikir tentang kelanjutan hubungan yang seperti itu akan mengarah kemana. Buat saya pribadi, saya mikirnya dia cuma ngambil waktu beberapa lama untuk pdkt sama saya dan pasti ujung-ujungnya bakal nembak atau membicarakan tentang komitmen. 

Satu bulan pdkt.. belum ada tanda-tanda nembak. Dua bulan.. juga belum. Sampai bulan ketiga, tiba-tiba terbersit aja kita berdua bikin rencana liburan bareng adik-adik ke Lombok. Nah dari situ saya pikir dia bakal manfaatin momen liburan itu untuk nyatain sesuatu ke saya. Pada saat mempersiapkan liburan, saya ngerasa excited terus karena bakal ngira dapet kejutan spesial disana. Tapi sampai akhirnya pada saat kita udah berada disana, masih belum ada keliatan tanda-tanda dia bakal nembak. Dan justru malah pas kita lagi berada disana, saya ngerasa jadi lebih jauh sama dia. Liburan yang saya bayangkan akan jadi asik luar biasa, ternyata malah jadi bencana buat saya. Sama sekali ga mengasyikkan malah bawaannya saya pengen pulang terus. Pada saat itu, saya bener-bener kecewa banget dan masih ga ngerti maunya dia apa.

Begitu balik dari liburan, hubungan saya sama K jelas jadi ga bagus. Saya bener-bener bete sama dia. Disaat dia coba ngajak saya keluar, saya selalu nolak. Terus begitu sampai akhirnya dia menghilang tanpa saya pernah punya kesempatan untuk nanya tentang maksudnya dia selama ini apa. Bener-bener berapa bulan yang sia-sia saya jalanin sama dia. Sampai hari ini, saya ga pernah tau kabar dari dia lagi. Dan semua berakhir begitu aja tanpa ada bisa dibicarakan tentang apa sih sebenernya tujuan dia waktu itu deketin saya. Dan pada saat itu saya cuma menganggap kalo saya officially udah jadi korban friendzone :(

Setelah kasus K, ada beberapa kasus lagi yang serupa yang kejadian sama saya. Intinya, saya dideketin, tapi ga dikasih kepastian tentang apa tujuan dari pendekatan itu. Kalo saya dideketin cowok di usia saya yang masih 17 an, saya sih ga perlu repot buat cari tau maksud dan tujuan pendekatan mereka. Berhubung usia saya udah memasuki usia matang untuk mencari hubungan yang serius, saya jelas harus lebih selektif dong. Saya ga bisa lagi yang namanya sembarangan jalan sama cowok yang ga punya tujuan serius sama saya. Dan saya yakin diluar sana cewek-cewek smart yang seumuran sama saya pasti akan berpikir yang sama.

Yang saya sayangkan, seringkali hubungan ga jelas tersebut berakhir tanpa dibicarakan. Unspoken. Berakhir begitu aja meninggalkan rasa penasaran. Dan ga kasih saya kesempatan untuk protes ke mereka dan kasih tau ke mereka kalau apa yang mereka lakukan itu ga bener atau cari tau tentang apa maksud mereka yang sebenarnya.  Cukup bikin nyesek juga.. tapi mau gimana lagi, kalau memang hanya seperti itu keadaan yang harus jalani. Paling saya cuma bisa ambil pelajaran buat ke depannya supaya ga akan buang-buang waktu lebih lama sama laki-laki yang mau deket tapi ga punya tujuan yang serius. Mengenai keseriusan mereka, saya bilang mereka ga serius ya masih asumsi saya pribadi aja sih. Tapi karena mereka juga ga pernah bilang tentang apa yang mereka rasain, jangan salahin cewek kalau kita jadi ngejudge demikian. 

Tapi akhirnya, saya sekarang bisa merasa puas. Karena udah bisa mengutarakan semua uneg-uneg saya sama cowok yang terakhir. Sebut aja A. Bedanya, A ga friendzone-in saya. Kita sempet jadian, dia juga maunya serius saya pun juga mau yang sama. Intinya kali ini, saya ketemu sama cowok dewasa yang ga tertarik dengan hubungan yang main-main. Sayangnya hubungan tersebut berakhir dengan kegagalan. Dan selama ngejalanin hubungan itu, saya bener-bener ga hepi dengan sikapnya dia.

Saya sama A ngejalanin hubungan jarak jauh. Semua baik-baik aja dan menyenangkan sampai pada saat dia cerita ke orangtuanya tentang saya. Respon keluarganya kurang bagus, karena lokasi saya yang jauh dari dia. Sepertinya, keluarganya mau dia berhubungan sama orang yang satu kota aja sama dia. Dan disitulah cobaan buat saya dimulai. Dia mulai berubah sama saya. Mulai jarang kasih kabar, komunikasi kita jadi jarang, pokoknya berubah drastis. Sampai pada akhirnya saya mempertanyakan tentang komitmen kita. Buat saya, kalau memang itu harus berakhir, saya ga masalah yang penting saya dapat kepastian dan bisa segera move on.

Tapi sayangnya, dari dia ga terlalu ngasih kepastian yang bener-bener jelas. Dia bilang, dia tetap mau ngejalanin hubungan sama saya, tapi kalau saya ketemu sama cowok yang lebih baik dari dia, dia ga masalah kalo saya ninggalin dia  dan lanjut dengan hubungan yang baru. Dari situ saya jadi ngerasa dapat pencerahan kalau saya ga bisa serius dengan orang yang punya prinsip seperti itu. Dan akhirnya saya mengakhiri hubungan dengan dia karena buat saya dia ga tegas dan ga memperjuangkan apa yang sudah dia mulai hanya karena keluarganya yang kurang setuju.

Waktu demi waktu berlalu. Saya cuma berharap rasa sakit hati saya ini bisa sembuh seiring waktu. Apa yang saya rasakan, pendapat saya tentang si A lagi -lagi unspoken. Tidak ada kesempatan untuk menyampaikan ke dia seperti yang sebelum-sebelumnya. Saya berusaha berdamai dengan situasi "unspoken" itu dan pasrah kalau memang saya selamanya ga punya kesempatan  untuk menyampaikan semua yang saya rasain ke orang yang nyakitin saya.

Tanpa terasa, sebulan setelah kontak terakhir saya dengan si A, dia menghubungi saya lagi untuk menanyakan kabar. Saya pun menanggapinya dengan sangat "numb". Karena memang sudah ga ada interest lagi dengan dia dan udah benar-benar move on. Tapi tanpa diduga, dia memulai sebuah pembicaraan yang sempat unspoken tentang hubungan yang pernah kita jalanin. Dia jelasin tentang semuanya, tentang kenapa dia berubah dan gimana perasaan dia sama saya. Disitulah saya mulai ngerasa ada kesempatan buat saya ngeluapin semua uneg-uneg saya. 

Saya bener-bener bersyukur. Semuanya akhirnya bisa tersampaikan ke dia tanpa kurang satupun. Tentang bagaimana sakit hatinya saya karena sikapnya yang berubah, tentang penilaian saya buat dia, tentang perasaan saya sama dia... Hebatnya lagi, dia menanggapi semuanya dengan respon yang ga terduga. Dia minta maaf, menyesal dan dia minta kesempatan kedua supaya bisa memulai lagi dengan saya. Dan dia juga bilang dia ga bermaksud untuk nyakitin saya sama sekali karena waktu itu dia juga bingung harus bersikap apa dengan keadaan yang dia hadapi. Pokoknya semua sakit hati saya waktu itu jadi dibalas dengan rasa lega. Lega karena udah bisa bilang semua yang selama ini saya simpan sendiri dan lega karena dia udah minta maaf properly ke saya bahkan minta balikan.

Tapi semuanya udah terlambat. Tepat di hari saya putus sama dia waktu itu, saya langsung mendapatkan penggantinya. Mungkin itu cara Tuhan menghibur saya. Dan otomatis ga ada lagi kesempatan kedua buat si A. Meskipun dia bilang dia ga akan menjalin hubungan dengan siapapun sampai saya nerima dia. Itu sih terserah dia dan mungkin dia bisa ngambil pelajaran dari hubungan kita yang udah berakhir begitu aja. Intinya, saya ngerasa alam semesta akhirnya berpihak sama saya. Selama ini dari hubungan saya yang gagal dan berakhir meninggalkan banyak hal yang "unspoken" akhirnya ada masanya untuk jadi "spoken". Saya pun bisa tersenyum lega dan berkata dalam hati "finally, it's spoken.."

:)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar